Laman

Panca Indera manusia

Senin, 29 Mei 2017

Rpp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     MI Sudirman
Mata Pelajaran                  :     IPA
Tema                                 :     Kegiatanku
Sub Tema 1                       :     Kegiatan Siang Hari
Kelas/Semester                  :     IV//I
Materi Pokok                    :     Alat Indera Pada Manusia
Alokasi Waktu                  :     1 x Pertemuan (5x35 Menit)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



B.     Kompetensi Dasar (Kd)
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera.
C.    TujuanPembelajaran
1.      Siswa dapat membedakan alat indera mata, telinga, hidung, lidah dan kulit dengan benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan cara pemeliharaan pada alat indera dengan benar.

D.       Materi Pembelajaran.
Alat indera pada manusia
Alat indera adalah alat tubuh yang berguna untuk mengetahui keadaan di luar tubuh. Alat indera manusia adalima yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit. Kelimanya disebut panca indera. Mata sebagai indera penglihatan, teling asebagai indera pendengaran, hidung sebagai indera penciuman (pembau), lidah sebagai indera perasa, dan kulit sebagai indera peraba. Alat indera harus kita jaga dengan baik. Jika alat indera mengalami gangguan atau rusak maka tubuh kita tidak akan bekerja dengan baik. Akibatnya kita tidak dapat menikmati keadaan di sekitar kita.
Ø   Cara memelihara pancaindera
a.    Cara memelihara Indera penglihat (mata)
ü  Makan makanan yang mengandung vitamin A, seperti ayuran dan buah-buahan, membaca atau menonton TV dengan jarak tidak terlalu dekat, jangan membaca sambil tiduran, dan membaca di ruang yang cukup terang.
b.    Cara memelihara Indera Telinga
ü  Membersihkan bagian luar telinga secara hati-hati dan jangan terlalu dalam, cukup dilakukan seminggu sekali.
c.    Cara memelihara Indera Hidung
ü  Menutup hidung ketika melewati tempat yang penuh debu dan berbau tidak sedap.
d.   Cara memelihara Indera Lidah
ü  Jangan minum minuman dan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.
e.    Cara Memelihara Indera Peraba
Kulit merupakan bagian tubuh yang mudah dihinggapi jamur dan kotoran lain. Oleh karena itu, jagalah selalu kesehatan kulitmu. Mandilah dua kali sehari, serta cucilah tangan dan kakimu sebuelum tidur. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin E.

E.     Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Sumber belajar
ü  Buku IPA kelas IV
ü  LKS IPA kelas IV
2.      Alat dan Bahan
ü  Kertas manila
ü  Gambar alat-alat indera
ü  Spidol
ü  Gunting
G.     Langkah – LangkahKegiatanPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a,
§  Absensi kehadiran siswa.
§  Guru menanyakan materi yang telah dipelajari sebelumnya.
§  Memperkenalkan materi pelajaran yang akan dipelajari.
Memberi motivasi siswa untuk belajar di hari ini
10 menit
Inti
§  Guru menunjukkan gambar mata, hidung, lidah, kulit, dan telinga kepada siswa.
§  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi.
§  Siswa disuruh mendiskusikan fungsi alat-alat indera beserta pemeliharaan pada alat indera dan menulisakan hasil diskusi ke dalam kertas manila yang telah disediakan.
§  Guru dan siswa mendiskusikan hasil-hasil diskusi yang telah dituliskan.
§  Perwakilan dari kelompok diminta maju untuk menunjukkan bagaimana pemeliharaan pada alat-alat indera seperti yang telah dituliskan dalam kertas manila.
150 menit
Penutup
§  Guru beserta siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari.
§  Guru mengadakan evaluasi.
§  Guru memberikan motivasi yang baik kepada siswa.
§  Guru menutup pelajaran dengan memberi salam yang kemudian dijawab oleh siswa.
15 menit

       I.            Penilaian
1.    Bentuk soal                    : Uraian
2.    Jenis Penilaian               : tes dan non tes
3.    Teknik penilaian            : Tertulis





Indikator
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.      Membedakan alat indera mata, telinga, hidung, lidah, dankulit.
2.      Menjelaskan cara pemeliharaan pada alat indera.



Tes tulis

Soal uraian
1.      Sebutkan macam-macam alat indera pada manusia!
2.      Bagaimana cara memelihara mata?


Lembar Penilaian
No.
Nama Siswa
Jumlah skor
Nilai
Benar
Salah
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.





a.      Pedoman Skoring:
1.          Keaktifan dalam diskusi
a.    Ikut serta mengerjakan dan berendapat dalam kelompok           4
b.    Ikut serta mengerjakan, tidak memberikan pendapat                  3
c.    Tidak ikut mengerjakan, tidak memberikan pendapat                 2
2.        Tanggung jawab terhadap tugas
a.    Menyelesaikan tugas tepat waktu                                                4         
b.    Menyelesaikan tugas tidak tepat waktu                                       3
c.    Tidak mengerjakan tugas                                                             0                     
skor = total skor x 10




Pekalongan 29 Mei 2017
Pengembang Rpp

Azmul Fiqoh











Indikator Pembelajaran
Media yang digunakan
Langkah-langkah pengembangan pemanfaatan
Alasan
1.      Membedakan alat indera mata, telinga, hidung, lidah, dan kulit.

2.      Menjelaskan cara pemeliharaan pada alat indera.

Spidol







Gambar-gambar tentang macam-macam alat indera

Guru menunjukan berbagai macam alat indera dengan gambar pada siswa  agar siswa dapat membedakan macam-macam alat indera.
Guru menunjukan gambar macam alat indera dan cara pemeliharaanya.
·         Agar siswa mudah membedakan macam indera pada manusia.
·         Agar siswa dapat memelihara serta menjaga kesehatan pada alat indera.



0 komentar:

Posting Komentar